PAGES 2 PERSYARATAN PENERIMAAN CPNS GURU TAHUN 2018, KEMENDIKBUD MEMINTA TIDAK PAKAI KEHARUSAN MEMILIKI SERTIFIKAT PROFESI GURU - INFO MENDIKBUD

PAGES 2 PERSYARATAN PENERIMAAN CPNS GURU TAHUN 2018, KEMENDIKBUD MEMINTA TIDAK PAKAI KEHARUSAN MEMILIKI SERTIFIKAT PROFESI GURU

Perlu duduk bersama
Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, sistem otonomi daerah membuat pemerintah pusat memiliki keterbatasan terkait pengambilan kebijakan. Menurut dia, kepastian perekrutan CPNS juga harus disepakati dengan pemerintah provinsi, kota dan kabupaten. Pasalnya, untuk guru jenjang SMA sederajat, berada di bawah binaan pemerintah provinsi. Untuk SD dan SMP sederajat, menjadi tanggung jawab pemerintah kota/kabupaten.

“Jadi kaitan soal status guru itu tidak mutlak hanya di Kemendikbud. Karena itu, untuk memecahkan masalah guru ini perlu duduk bersama dengan kementerian terkait. Kemen-PANRB soal berapa jumlah yang bisa direkrut, Kemenkeu terkait masalah anggarannya. Tidak kalah penting juga dengan Kemendagri karena dengan adanya otonomi daerah,” katanya.

Ia mengatakan, pemerintah terus mengevaluasi semua kebijakan terkait upaya mewujudkan pendidikan nasional yang merata dan berkualitas, termasuk upaya untuk mensejahterakan guru. Menurut dia, harus terus meningkatkan kompetensi dan menjadi teladan bagi siswa dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter.

“Momentum HGN ini hendaknya kita jadikan sebagai refleksi apakah guru-guru kita sudah menjadi teladan bagi peserta didiknya, dan apakah kita juga sudah cukup memuliakan guru-guru kita yang telah berjuang untuk mendidik dan membentuk karakter kita sehingga menjadi pribadi tangguh dan berhasil. Peringatan HGN juga menjadi titik evaluasi yang strategis bagi pengambilan kebijakan pemerintah,” katanya. (Sumber: Pikiran Rakyat)

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PAGES 2 PERSYARATAN PENERIMAAN CPNS GURU TAHUN 2018, KEMENDIKBUD MEMINTA TIDAK PAKAI KEHARUSAN MEMILIKI SERTIFIKAT PROFESI GURU"

Posting Komentar