Pages 3 Dua Mahasiswi Dilarang Pakai Cadar Saat Kuliah Sampai Dapat Ancaman, Begini Pengakuan Pihak Kampus - INFO MENDIKBUD

Pages 3 Dua Mahasiswi Dilarang Pakai Cadar Saat Kuliah Sampai Dapat Ancaman, Begini Pengakuan Pihak Kampus

Peristiwa itu mendapat perhatian khusus dari HMI Komisariat Unitri. Dalam rilis yang mereka keluarkan, HMI Komisariat Unitri mengutuk keras terkait pelarangan itu.

Pelarangan itu dinilai tidak sesuai dengan jargon universitas yang mengedepankan nasionalis kerakyatan yang menghargai keragaman suku, budaya, dan lain sebagainya.

"Tentu tidak bisa mendiskriminasi golongan tertentu karena hal itu tidak bisa dibenarkan dari perspektif apapun termasuk dari perspektif HAM dan Demokrasi," tegas Koordinator HMI Komisariat Unitri Al Roby dalam siaran tertulisnya.



HMI Komisariat Unitri menilai aturan tersebut jelas bertantangan dengan semangat demokrasi dan kebhinnekaan di mana di dalamnya menjunjung tinggi kebebasan setiap individu.

Kebebasan itu telah diatur didalam undang-undang dasar 1945 Pasal 28 E ayat (1) yang menjelaskan bahwa setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya.

UUD 1945 dan pasal 28 ayat (2) UUD 1945 juga mengakui kalau setiap orang berhak bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apapun dan berhak mendapatkan perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif itu.

Untuk itu, HMI komisariat Unitri menuntut ke pihak kampus, yakni pemulihan nama baik dan pemulihan psikologis korban yang trauma akibat larangan yang diskrimintif.

Rektor wajib menjamin agar tidak ada lagi diskriminasi dalam bentuk apapun. Tanggapan Pihak Kampus Tentang Larangan Mahasiswi Memakai Cadar. Bersambung ..... Baca Selanjutnya Di Halaman 4

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pages 3 Dua Mahasiswi Dilarang Pakai Cadar Saat Kuliah Sampai Dapat Ancaman, Begini Pengakuan Pihak Kampus"

Posting Komentar